TAHAPAN PEMBESARAN IKAN LELE

Persiapan Kolam /wadah

Dalam tahap ini pembudidaya pembesaran menyiapkan kolam atau wadah yang akan digunakan dalam pembesaran, pembuatan wadah atau kolam tersebut dibagi menjadi :
1. Kolam beton atau tembok
2. Kolam Tanah
3. Kolam terpal (memakai terpal terbuat dari bahan plastik )


1. KOLAM BETON / TEMBOK

Kolam in umumnya berbentuk persegi panjang,kolam pemeliharaan umunya berukuran kecil sekitar 9m2 sampai dengan 40m2 perkolam dikandung maksud agar pengolahan air dan pengawasan lebih mudah,kolam pemeliharaan terbuat seme semua dengan kedalam untuk kolam pembesaran 100-150 CM,ketinggian air dalam kolam bisa diaturdari ketinggian 40-120 cm,tergantung ukuran benit dan padat penebaran,jika lele yang dipelihara masih ukuran kecil,kedalam air kolam cukup 40-50 cm,semakin besar ukuran ikan dan padat populasinya,ketinggian air ditambah sampai ketinggian optimal (Kira-kira 120 cm)
Tiap petakan kolam mempunyai pintu pemasukan (inlet) dan pintu pengeluaran (Outlet) y6ang terpisah untuk keperluan pergantian air,penyiapan kolam sebelum ditebari benih serta pemanenan,dasar kolam dibuat miring 3-5% kearah pintu pembuangan air.

2. KOLAM TANAH

Kontruksi dalam kolam pembesaran pada kolam tanah hampir sama ,baik bentuk maupun ukurannya, dengan kolam semen. perbedaannya adalah dinding dan dasar kolam dari tanah. Pada kolam tanah ,jenis tanah untuk kolam pemebsaran menjadi faktor utama,Dasar dan didnding kolam harus kedap air dan kuat menahan air kolam secara permanen,tanah yang dipilih adalah dapat menahan air ,bersturkur kuat dan tidak berbatu.

3. KOLAM TERPAL PLASTIK

Kolam terpal plstik mempunyai nilai efisiensi dan efektivitas untukm budidaya lele. Cara pembuatanya pun relatif mudah dan cepat oleh karena itu teknologi ini termasuk tepat guna,Untuk budidaya lele disarankan terpal yang warna gelap hitam ataupun ciklat dikandung maksud lele lebih nyaman hidup ditempat gelap
 Kolam terpal biasanya dibuat dengan mengunakan terpl kualitas 1, yang berukuran lebar 6 m dan Panjang 8 m,ukuran diats tersebut akan menghasilkan kolam yang berukuran 4 x 6 dan tinggi 1 m
Praktekum adalah hasil maksimum dri teori ,,mari yukkkkkkkk praktekan