Optimalkan Pakan Lele Alternatif dengan Vitamin dan Bahan Organik Tambahan

pakan lele

Pakan lele merupakan faktor penentu dalam keberhasilan budidaya ikan yang memiliki rasa lezat ini. Sebagai komponen penting, tentu saja harga pakan ini tidak murah. Alasannya karena bahan baku pembuatannya yang masih diimpor. Oleh karena itu, pembuatan pakan alternatif sangat disarankan. Pakan alternatif selain sebagai pengganti pakan buatan pabrik juga dalam penyesuaian nutrisinya bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan nutrisi lele tersebut. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatannya pun mudah didapat, apalagi untuk bahan tambahan Anda hanya memerlukan bahan organik sisa yang murah bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis.
Sebelum ke tahap persiapan dan pembuatan pakan pakan lele alternatif, pertama Anda harus mengetahui dulu rasio kebutuhan nutrisinya. Diketahui bahwa semakin kecil rasio FCR atau rasio pemberian pakannya, maka semakin baik pula pakan yang diberikan tersebut. Dimana, 1 kg pakan yang diberikan akan menambah bobot atau berat tubuh sebanyak 1 kg. Pakan yang akan dibuat harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi dari lele tersebut mulai dari karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin dan mineralnya. Dari semua kebutuhan dalam berat pakan tersebut 35% nya adalah protein. Sama seperti halnya manusia, lele sebagai hewan karnivora pun akan menggunakan semua kandungan nutrisi dalam pakan lele tersebut untuk kelangsungan hidup serta meningkatkan kualitas daging yang akan dimanfaatkan oleh kita.
Bahan pembuatan pakan alternatif yang harus Anda siapkan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah pengganti tepung ikan. Tepung ikan biasa digunakan dalam pembuatan pellet atau pakan pabrikan dan harganya pun sangat mahal. Untuk alternatif pengganti berdasarkan tingginya kandungan protein Anda bisa menggunakan tepung kedelai, bungkil kelapa, tepung jagung, dedak halus, atau tepung tapioca. Anda pun juga bisa mencampur berbagai bahan berprotein tersebut untuk memenuhi total kebutuhan proteinnya. Anda tinggal menambahkan vitamin ikan dalam bahan tersebut sebelum Anda olah untuk kebutuhan vitaminnya. Lebih baik gunakan vitamin ikan yang bersifat organik. Contohnya Viterna Plus dan Ton yang merupakan produk Nasa. Produk ini mampu meningkatkan hasil panen lele dengan ikan yang lebih besar dan waktu panen lebih cepat. Anda bisa memesan produknya dengan menghubungi nomor telepon 087-888-846-582 atau melalui BBM dengan PIN 584BE454.Kemudian, tambahkan bahan organik lain sebagai bahan tambahan dalam pembuatan pakan tersebut yang takarannya bisa Anda kira-kira jumlahnya. Bahan yang bisa digunakan antara lain limbah unggas dari peternakan seperti ayam atau puyuh, keong mas, bekicot, ikan rucah, hingga belatung. Untuk unggas, keong, bekicot, atau ikan rucah yang berduri diperlukan perebusan terlebih dahulu agar mudah diolah dan membuat bibit penyakitnya mati. Tambahan bahan organik dalam pakan leleini akan disukai lele karena memang dasarnya karnivora.