Menentukan Ukuran Bibit untuk pembesaran Ikan lele

Dalam usaha pembasaran ikan lele khususnya bagi pemula mungkin masih bingung,terhadap ukuran benih yang beredar dipasaran,pada umumnya bibit lele dijual dipasaran pada ukur 3-5 s/d 9-12 ini mempunyai arti bahwa 3-5 (bibit ini mempunyai panjang kisaran 3cm sampai 5cm panjangnya) ada masing masing pembudidaya mempunyai prinsip -prinsip tertentu untuk budidaya pembesaran lele tersebut,secara segi ekonomis pasti memilih ukur yang kecil sebagai contoh 3-5 namun secara praktis kita memilih ukur bibit 9-12,yang ada dipasaran benih lele itu 3-5,4-6,5-7,6-8,7-9,dan 9-12,nah disini kita mengarahkan untuk pembudididaya ukuranaya lele pemula kalau yang sudah menjadi pelaku lama tentunya sudah bisa menyimpulkan bibit ukur berapa yang harus digunakan.

 

Kita sarankan untuk pemula budidaya pembesaran memilih minimal bibit yang berukuran 5-7.knapa harus 5-7???? karena kalau kita mengunakan bibit pada ukuran tersebut kita lebih mudah merawat karena kita diawal budidaya ikan lele.
Bagaimana kita kalau mengunakan bibit ukuran lebih besar dari 5-7??? Ya lebih bagus tapi modalnya akan lebih besar.kalau dalam budidaya kita mengunakan bibit yang ukuran kecil maka sortir yang akan dilakukan juga sampai 3 kali ,namun jika 5-7 hanya 1 kali bahkan dimungkinkan jika tumbuhnya seragam besarnya atau tidak terpaut banyak besarnya tidak perlu dilakukan sortir.

Jika pembudidaya menggunakan bibit lele ukuran besar juga akan mengurangi angka kematian karena semakin besar maka kekebalan tubuh atau penyesuaian lingkungan juga akan lebih baik dibandingkan bibit ukuran kecil.untuk keuntungan memakai bibit besar juga dilihat dari sektor usaha maka perputaran uang akan lebih cepat karena bibit besar juga panenya akan lebih cepat,jika pembudidaya menginginkan perputaran uang cepat pilihlah bibit yang besar.
untuk harga bibit oktober 2014 di area yogyakarta menurut informasi para pedagang bibitn lele ukur 3-5 seharga 85,00 per ekor,4-6 seharga 125,00, 5-7 seharga 180 ,00, 6-8 seharga 200,00, 7-9 seharga 225 dan 9-12 seharga 260.Demikian sedikit artikel yang kami bagikan mudah mudahan akan bermanfaat bagi pembaca artikel ini,jangan lupa jika ingin mengetahui bagaimana Pemilihan benih lele yang benar , jika penasaran dengan budidaya lele ,bacalah artikel terkait atau informasi tetang seputaran benih ikan lele