8 LANGKAH SUKSES PEMBENIHAN IKAN LELE

Disini kita akan membahas cara cara agar kita dalam melaksankan usahan pembenihan lele berjalan dengan lancar serta mendapatkan hasil yang melimpah dan yang jelas 8 cara tersebut akan mengajarkan kita sebagai pelaku usaha pembenihan melakukan dengan profesional. antara lain 8 cara sukses sebagai berikut :
  1. .Dalam pembenihan tersebut langkah pertama memilih induk yang unggul artinya berkualitas agar menghasilkan bibit yang berkualitas juga antara lain induk unggul yaitu Sangkuriang,phyton serta Masamo.ketiga jenis induk tersebut mempunyai kualitas yang baik  dan induk tersebut diusahakan berserfitikat artinya jenis dari lele tersebut bisa dipertanggung jawabkan keaslianya.ciri ciri lele yang berkualitas antara lain cepat besar,besarnya berseragam,Tingkat kelangsungan hidupnya tinggi dan yang jelas Tahan terhadap penyakit.
  2. Pelihara induk dengan makanan yang baik artinya protein yang mencukupi diusahakan pakan alami juga akan membantu lebih bagus diantaranya  : keong mas, bekicot atau daging ayam broiler agar membantu pembentukan sel telur yang bagus.
  3. Lakukan teknik pemijahan yang benar agar menghasilkan telur yang bagus dan mendukung keberhasilan penetasan telur
  4. Langkah berikutnya adalah lakukan pengolahan air secara benar artinya lakukan pergantian air secara berkala,berikan airasi untuk menambah oksigen dalam air ,tambahi dengan aliran air kecil yang dipancurkan funsinya juga menambah oksigen  serta memberi dampak lele sehat dan tambahkan obat organik terapi air yang banyak terjual dipasaran .
  5. Buatlah kolam pemijahan yang aman dari hama predator maupun air hujan artinya kolam tersebut dalam keadaan tertutup atap tetapi panas matahari juga bisa masuk dan ini bisa mengunakan atap viber plastik maupun lembaran plastik putih dan diruangan terbuka samping kanan dan kiri agar sirkulasi udara lancar.
  6. Gunakan probiotik ikan atau vitamin ikan yang berfungsi menambah nafsu makan agar cepat besar serta membantu kelangsungan hidup tinggi pada benih ikan tersebut,banyak sekali vitamin ikan dipasaran yang beredar.
  7. Bergurulah kepada pelaku pembenihan langsung untuk pegangan teori dasar pembenihan, bertujuan untuk meminimalisir kegagalan dalam pembenihan karena modal nekat dan percaya diri saja tidak cukup untuk menuju keberhasilan.
  8. Lakukan pembentukan jaringan perdagangan bibit artinya bentuklah kelompok agar dalam perdagangan tersebut tidak menemuai kendala kendala penjualan bibit hasil pembenihan