USAHA PEMBESARAN LELE SECARA INTENSIF


Usaha pembesaran lele adalah bentuk kegiatan budidaya membesarkan dari benih sampai ukuran konsumsi sekitar 5 s/d 11 isi perkilogram (Di bantul Yogyakarta ) dan jika bobot mencapai perkg isi 2 atau 4 perkg biasanya pejualan dipemancingan atau untuk hobies mancing mania. dalam sektor usaha pembesaran secara intensif   memiliki ciri penebaran padat antara 200 sampai dengan 350 perm2 dan sepenuhnya pakan nya tergantung pada pakan pabrikan .
Dalam usaha ini diperlukan modal yang sangat besar sebagai contoh untuk mencari daging 100 kg kita juga akan mengeluarkan pakan sebanyak 100 kg karena sistim ini putaran uang akan cepat artinya untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan modal yang besar.

ciri lain dalam usaha ini kolam sering ganti air  karena teknik ini padat lelenya agar bisa kondisi air stabil harus dilakukan pergantian air sering bertujuan untuk membuang sisa makanan yang menumpuk dan amoniak krena itensitasnya sangat tinggi.
Diperlukan juga pakan yang standar artinya pakan protein minimal 30% agar kebutuhan pakan lele dengan protein tersebut tercukupi dan tidak lupa jga di butuhkan probiotik maupun vitamin untuk  memacu agar lele cepat besar.disampaing lele cepat besar fungsi vitamin ikan maupun probiotik ikan juga akan membantu kalangsunga hidup ikan tinggi artinya ikan tidak mudak terserang penyakit atau ikan tidak mudah mati. Banyak vitamin vitamin ikan terjual dipasaran sekarang ini dengan mempunyai funsi yang sama.
 Dalam usaha pembesaran tersebut harus dilakukan secara profesional artinya jika bergerak dalam usaha ini modal banyak ,akan menghasilkan banyak tetapi resikonya akan ditanggung juga besar karena usaha dalam bidang ternak yang hubunganya dengan kematian hewan. agar dalam usaha ini kita akan berhasil bagus perlunya kita juga harus menguasai teori teori dasar bagaimana cara budidaya lele yang baik dan benar 
kunci keberhasilan dalam usaha pembesaran lele secara intensif :
  1. Persiapkan kolam pembesaran lele dengan kontruksi yang benar klikdisi
  2. Pada awal penebaran diharuskan benih lele harus seragam ukuranya karena sifat lele kanibal jadi jika tidak sama sangat amat merugikan kita karena akan kanibalisme.
  3. Memakai pakan pabrikan atau pelet dengan protein minimal 30%
  4. Hindari penebaran benih ikan yang berlebihan maksimal 350 perm2
  5. Lakukan pergantian air secara berkala artinya jika memang air sudah harus diganti cepat diganti jangan ditunda tunda  dan pergantian air cukup maksimal 20% dari air sebelumnya.
  6. Gunakan Vitamin Ikan  sebagia contoh TON,POC Nasa,Viterna dan Hormonik.
  7. Lakukan Pengontrolan kolam setiap hari dan amati kolam ada kejanggalan pada ikan atau ngak
  8. Jika ada ikan yang sakit ambil dan dikarantina ditakutkan akan menular.
  9. Konsultasi kepada pelaku pembudidaya yang sudah berpengelaman.
  10. Catat semua kejanggalan dan manejemen budidaya