BUDIDAYA IKAN LELE AKAN MEMBERIKAN PROFIT YANG MENJAJIKAN BILA DITANGANI DENGAN SERIUS

Budidaya ikan lele tidak jauh dari kata usaha dalam bidang perlelean,usaha lele yang dilakukan oleh seorang pembudidaya atau pengusaha harus menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan atau jangka pendek dan jangka panjang sehingga perlu dilakukan analisis tentang usaha dalam bidang Budidaya ikan lele,dalam blog ini penulis ingin sedikit mengutarakan pengalaman dalam bidang usaha Budidaya ikan lele,Analisis usaha lele dilakukan untuk mengetahui layak atau tidakkah Usaha Budidaya ikan Lele tersebut dilanjutkan dan dapat mendapat keuntungan yang seimbang dengan resiko dan kerja keras dalam usaha tersebut.
Analisis budidaya ikan lele merupakan suatu cara untuk mengetahui kelayakan suatu usaha,baik dari segi ekonomis,teknik maupun finansial dan hasil analisis tersebut bisa dijadikan panduan bagi pembudidaya atau pengusaha untuk menentukan keputusan dalam menanamkan modalnya.Suatu usaha dikatakan layak jika mampu memberikan keuntungan pada periode tertentu.Analisisi dalam usaha Budidaya Ikan Lele terbagi menjadi 2 yaitu:

1. Usaha Budidaya Ikan lele Pembenihan

Dalam usaha ini dimana pembudidaya memijahkan suatu induk lele untuk dijadikan bibit lele yang siap jual atau untuk mencapai ukuran 2-3, 4-5,5-7 ,dan seterusnya yang penting dilihat pasar jualnya akan membutuhkan ukuran berapa .usaha pembenihan lele tersebut sangat menjajikan bisa dikatakan untungnya lumayan besar namun perlu ketekunan dan pengalaman yang cukup karena penagananya jelas lebih intensif dibandingkan dengan usaha bergerak dalam bidang pembesaran lele, yang sering dikeluhkan adalah disaat pelaku budidaya dalam mencukupi kebutuhan cacing sutera pada waktu hari 3 setelah menetas telur lele tersebut,apalagi dimusim penghujan karena cacing sutera sulit didapatkan akibat banjir,jadi kalau anda menginginkan usaha budidaya ikan lele pembenihan anda harus mencari dan bermitra seorang penyetok cacing sutera agar tidak terkendala dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
Banyak orang atau komunitas kelompok berupaya untuk membudidayakan cacing sutera tersebut namun usaha ini tidak banyak yang berhsil sehingga masih banyak pencarian cacing ini secara manual dan tradisional dengan mencari dipinggiran got got persawahan maupun sungai.jadi apa salahnya mencoba untuk budidaya ikan lele pembenihan setelah anda tau dimana harus beli cacing sutera didaerah anda?? untuk belajar cari lele induk yang biasa dulu yang penting jantan dan betina lalu pijahkan ,setelah berhasil baru anda mencari induk induk yang berkualitas. bisa ditarik kesimpulan bahwa keberhasilan dalam budiday tersebut hnyalah eksperimen anda sendiri,krena kebanyakan artikel hanya membantu toeri dasar saja selanjutnya anda sendiri yanr inovatif.

2. Usaha Budidaya Ikan lele Pembesaran 

Dalam usaha ini seorang pembudidaya membesarkan lele dari ukuran bibit sampai ukuran konsumsi layak jual atau menurut ukurn konsumsi dipasaran umumnya sekilo isi 5 sampai dengan sekilo isi 12 ini yang biasa dipasaran. Untuk mencapai ukuran bibit sampai konsumsi membutuhkan waktu hinga 2-3 bulan tergantung ukur awal penebaran serta tercukupinya makanan yaitu berupa pelet karena tentunya ada ukuranya berapa per 1000 lele harus dihabiskan untuk mencukupi kebutuhan lele sampai panen? kalau pada umumnya pada ukur bibit 5-7 membutuhkan pelet 3 sak atau 90 kg pelet dengan protein 30%-32% dan jika masih ingin hasil yang maksimal bisa ditambahkan beberapa nutrisi atau vitamin pada lele.
Dengan adanya perhitungan diatas tentunya kita sudah bisa mengambil gambaran bagaimana dan berapa profit yang kita dapat dalam usaha ini, survey didaerah anda harga bibit, harga pelet, serta penjulan hasil produksi dibeli berapa oleh pengepul lele. sengaja tidak kami tulis gambaran usaha lele tersebut krena masing masing daerah berbeda baik harga bibit,pakan pelet maupun pembelian hsil produksi.
sekalian kami jelaskan karena banyak yang tanya kebingungan tentang lama panen lele karena banyak tertulis lele panen 30 hari, 35 hari, 45 hari ,dan seterusnya,, nah begini anda lakukan dulu budidaya ikan lele pembesaran tersebut ngk usah menarget waktu dulun tapi targetkan pakan yang dikasihkan ke lele dulu, lama lama anda pasti bisa dan mengetahui serta menyimpulkan untuk panen lele lebih cepat,,itu pasti karena apa panen lele sebenarnya tidak bisa dihitung dengan ukuran hari atau lamanya hari namun dihitung berapa kg kita menghabiskan peletnya ?? paham belum hehehehe pasti bingung,,oke tak beri contoh ketikan lele 1000 dikasih 3 sak pelet dalam waktu 2bulan dengan lele 1000 dikasih 2 sak dalam waktu 2 bulan kira kira besaran mana??? nah itu anda pasti tau jawabanya dan tidak lupa selamat mencoba usaha budidaya lele pembesaran

Artikel terkait dengan kesehatan lele klik dibawah ini :  
-8 langkah sukses pembenihan lele