Mengatasi dan mengambil tindakan Ketika lele pada Kolam kita pada mati mendadak untuk mengantisipasi terjadinya kematian massal.



Pada artikel sebelumnya sudah banyak kami menjelaskan tentang budidaya lele dari pembibitan dan pembesaran,pada judul artikel ini tentang  pencegahan agar tidak terjadi kematian massal pada budidaya lele kita.Yang pertama mungkin kita dapat menyimpulkan kematian lele kita itu karena apa dan bagaimana mengatasinya.

Lele yang mendadak ada yang mati 1-5 itu masih dibilang wajar dari 1000 ekor lele pada suatu hari ,tetapi bagaimana jika ini tiap hari singkat cerita si pembudidaya pasti gigit jari dan  pasti  rugi, ini adalah beberapa tips untuk  Mengatasi dan mengambil tindakan Ketika lele pada Kolam kita pada mati mendadak untuk mengantisipasi terjadinya kematian massal.

1.jika lele mati dalam 1 hari sampai 5 ekor /1000 ekor lakukan pengawasan dan pemantauan pada kolam maupun pada ikan lelenya, ini penyakit apa memang persaingan antar lele karena jelas lele adalah ikan yang kanibal sekenyang apapun jika ada aroma yang disuka pasti diserang.

2. Setelah hari berikutnya pantau lagi ,jika ada yang mati lebih banyak  dan tidak ada tanda tanda kanibal lele bisa ini disebabkan karena bakteri maupun virus,ada beberapa ciri 2 jika air sudah terkena penyakit adalah berbau menyengat walaupun habis kita ganti air dan disela sela lele mati masih ada lele yang mengambang karena sakit,biasanya seperti itu.

3. Jika sudah terdekteksi disebabkan karena penyakit langsung lakukan pengobatan dengan obat obat yang terjual dipasaran pembasmi jamur,bakteri dan virus walaupun ini tidak 100% membebaskan penyakit paling tidak kita dapat mengantisipasi kematian massal.

4. dalam melakukan pengobatan pada lele anda harus percayakan satu produk dulu jangan ada omongan orang suruh obat ini ganti obat,nanti yang bisa menyimpulkan obat paling cocok untuk budidaya lele anda itu ya anda sendiri bukan orang lain karena ada faktor yang kadang tidak disadari dan diketahui aplikasi pada suatu kolam berbeda tempat itu juga akan berbeda, jadi lakukan penemuan  anda sendiri.

5. sebelum melakukan pengobatan alangkah baiknya air diganti 30% dari air sebelumnya dan diganti dengan air baru agar bau air berkurang dan pengobatan bisa maksimal hasilnya.karena dalam pengobatan lele ini nanti memmang ada dua cara yaitu dengan dicampur pada pakan dan disiramkan pada air,jika ingin hasil yang maksimal memang dicampurkan pada pakan tetapi jika kondisi ikan makan mau kagak mau ya udah dipakai metode penyiraman pada kolam.

Demikian sedikit pengalaman saya yang bisa saya coretkan disini setidaknya bisa membantu rekan rekan yang sedang melaksanakan usahan pada bidang perikanan lele.

Catatan : agar tidak terjadi kematian masal tentunya kita harus mengatisipasi dengan diberikan vitamin ikan karena pencegahan lebih menguntungkan dari pada pengobatan.