SERANGAN PENYAKIT ADALAH MUSUH BESAR BAGI PEMBUDIDAYA IKAN LELE

Selamat pagi dan semangat pagi bagi pembaca artikel dibawah ini, salam sejahtera bagi anda sekalian, kegagalan adalah permulaan dari kesuksesan, di artikel sebelumnya sudah kami informasikan pengalaman dilapangan mungkin bisa sedikit buat referensi untuk memulai budidaya lele diseluruh Nusantara.Mungkin lagu jatuh bangun itu cocok bagi pembudidaya lele yang sedang mengalami kegalauan pada ikan lelenya yang dipiara hehehe karena serangan penyakit yang disebabkan oleh beberapa hal sehingga lele mengalami kematian dan sipembudidaya mengalami kerugian. Timbulnya serangan penyakit tersebut pastinya akan menimbulkan dampak kepada ikan lele yang sedang kita budidaya baik itu pada pembenihan lele maupun pembesaran lele.
Serangan penyakit pada budidaya lele terkadang datang dengan tiba- tiba sehingga bagi pemula kadang bingung mau diapakan, diartikel artikel sebelumnya sudah kami jelaskan bagaimana cara pencgahanya namun dalam artikel ini Gan kita imbuhkan serangan penyakit itu apa saja kita harus mengenal berbagai jenis penyakitnya dan perlu diwaspadai.

Penyakit lele bisa dibilang banyak jenisnya dalam penggolonganya sering berdasarkan tanda tanda penyakit dan jenis penyeranganya antara lain Parasit, Bakteri dan Virus, ketiga jenis serangan ini tidak sama akibatnya,dari ketiga serangan penyakit pada lele Viruslah yang paling berbahaya walaupun bakteri dan parasit juga berhaya kalau tidak diobati atau ditangani dengan cepat.Timbul pertanyaan mengapa virus paling berbahaya??? virus berbahaya selain seranganya cepat ,serangan virus juga belum ada penawarnya.Penggolongan penyakit juga sring didasarkan pada bagian tubuh yang diserangnya,serangan penyakit pada bagian ikan tersebut akan menimbulkan kematian pada ikan lele,berdasarkan dari kajian diatas timbul istilah penyakit dalam dan penyakit luar.apa saja serangan penyakit pada lele?? yaitu sebagai brikut :

1. Penyakit cacar kulit
Seperti namanya cacar kulit ini yang diserang adalah bagian kulit, para ahli menyimpulkan bahwa cacar kulit ini disebabkan oleh Aeromonas hydrophilla sejnis bakteri yang scara taksonomi termasuk golongan Filum Protozoa. ciri ciri  ikan yang terkena cacar kulit adalah:
-Kulit pada lele seperti cacar atau borok
-Kulit bisa terkelupas jika serangan bakteri  Aeromonas hydrophilla itu ganas dari kepala hingga ekor.
-Ikan lele akan loyo,nafsu makan berkurang dan mengantung dipermukaan air
2. Penyakit ekor putih
Ini ditandai dengan gejala Ekornya berarna putih sesuai dengan namanya serta tanda lain yaitu Ikan lele akan loyo,nafsu makan berkurang dan mengantung dipermukaan air.
3.Penyakit Kumis Buntun
4. Penyakit Mulut merah
5.Penyakit perut Kembung
6. Penyakit insang bengkak
Bila 6 penyakit menyerang lakukan pengobatan pada ikan  dan obat bisa dibeli kewarung warung prlengkapan budidaya perikanan

Semua penyakit diatas banyak ditemui dengan tanda tanda ikan lele terlihat loyo, ikan lele berkurang nafsu makanya dan ikan lele mengantung pada permukaan air,inilah 6 serangan penyakit pada lele yang akan menimbulkan kematian dan hanya saran saja lebih bail kita mencegah dari pada mengobati karena bagaimanapun mencegah lebih efisien dan menguntungkan.
BACA ARTIKEL SELANJUTNYA DIBAWAH INI :