USAHA PEMBENIHAN LELE




Pembenihan adalah suatu  kegiatan pemeliharaan ikan yang bertujuan untuk menghasilkan benih atau anakan ikan yang melalui proses pemijahan pada induk ikan antara induk jantan dan induk betina. kegiatan pembenihan ikan lele tersebut yang selanjutkan akan dibesarkan dan dijadikan lele konsumsi dengan ukuran persatukilonya berisi 5 ekor sampai dengan 11 ekor atau tergantung permintaan pasar. Didalam ukuran benih oleh para pembudidaya dinyatakan dengan ukuran cm  misalanya ukur 5-7,  6-8 ,7-9, 9-12.diartikan sebagai berikut sebagai contoh 5-7 artinya ukur bibit tersebut berukuran 5cm sampai dengan 7 cm.

Dalam Usaha pembenihan lele dibagi menjadi tiga cara usaha yaitu Pembenihan secara alami,Pembenihan secara semiintensif dan Pembenihan secara intensif. Serangkaian kegiatan dalam usaha pembenihan lele harus melaluai tahap ; pemilihan induk,Pemeliharaan induk,persiapan kolam pemijahan, pemijahan induk,Penetasan telur,pembuatan plankton /persiapan pakan alami cacing sutera dan pendederan benih untuk menghasilkan ukuran benih yang dikehendaki pasar.


Ada dua teknik tempat untuk pembenihan lele tersebut diantaranya dengan mengunakan kolam terpal plastik maupun maupun kolam beton dengan ukuran kolam yang tidak begitu besar karena tahap pembenihan setelah pembenihan dilakukan teknik pendederan benih,Dalam teknik tersebut menurut tempat dapat dibagi menjadi 3 pemilihan tempat yaitu Dikolam terpal,Beton dan Tanah tetapi yang sering digunakan biasanya kolam terpal plastik maupun Beton karena jika mengunakan media kolam tanah rawan dengan predator yang nantinya akan menjadi hama dalam usaha pembenihan lele tersebut.


Untuk peluang pemasaran sangat prospektif sekali karena permintaan lele untuk dikonsumsi setiap harinya naik untuk mencukupi kebutuhan pangan pada masyarakat karena ikan lele dagingnya bergizi dan rasanya enak serta daging sehat disamping itu harganya akan terjangkau oleh karena itu semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya.Teknik pemasaran bibit di era sekarang ini tidaklah hanya offline dan lokal daerah saja tetapi pemasaran benih lele tersebut  sudah mengunakan media online sehingga bukan hanya memenuhi kebutuhan lokan saja tetapi sampai luar daerah dengan cara dikirim lewat kargo pesawat,asalkan ada bandara disitu dapat mendatangkan benih lele dari luar daerah